Thursday, February 07, 2008

PILIHAN TERBAIK

Renungan di Tampar edisi Juli 2007
Manakah yang lebih menarik mendengarkan firman Tuhan atau menonton sinetron Cinta Fitri ? Suatu pertanyaan klise yang kelihatannya mudah dijawab. Kenyataan yang bisa kita lihat memang menunjukkan banyak diantara kita rela dengan setia menunggu sinetron ini setiap malam hari, rela selama 90 menit menatap dan mendengarkan kisahnya dari layar TV, bahkan kalau bisa jangan sampai terlewatkan. Namun sebaliknya kita merasa waktu 90 menit untuk ikut Perayaan Ekaristi atau Ibadat Komunitas terasa sangat panjang dan membuat ngantuk. Memang dalam kehidupan sehari-hari kita sering disibukkan dengan banyak kegiatan dan pekerjaan sehingga kadang-kadang sampai lupa untuk memberi waktu untuk berdoa, mendengarkan firman tuhan dan beribadat Ini menunjukkan bahwa dintara kesibukan dan kegiatan kita, kita sering memilih satu pilihan dan mengabaikan pilihan yang lain.
Kisah Marta dan Maria dalam Injil hari ini mengajarkan kepada kita tentang cara membuat pilihan yang terbaik tanpa harus meninggalkan pilihan yang lain. Dan Maria telah memilih bagian yang terbaik dengan duduk di dekat kaki Tuhan dan terus mendengarkan perkataan-Nya. Memiliki kedekatan dengan Yesus tidaklah berarti mengabaikan karya dan pelayanan dalam hidup seperti yang dilakukan Marta, tetapi kedekatan dengan Yesus justru membuat kita mempunyai semangat untuk dapat bekerja dan melayani dengan penuh sukacita. Kedekatan dengan Yesus sungguh menyatukan doa dan karya serta pelayanan.
Bekerja keras membanting tulang dan memeras keringat bahkan harus siang dan malam adalah suatu kewajiban setiap orang untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun ada baiknya sesibuk apapun kehidupan kita perlu menyediakan waktu , mencari sejenak ketenangan dengan duduk bersimpuh dikaki Yesus seperti yang dilakukan Maria untuk mendengarkan firman-Nya dan menimba air kehidupan dari pada-Nya agar menyegarkan hidup kita dan memberikan semangat dan kekuatan baru untuk berkarya dan melayani. Karena firman Tuhan mempunyai daya dan kuasa untuk menjadikan sesuatu yang tidak mungkin menjadi mungkin seperti yang dialami Sara istri Bapa Abraham. Sara yang sudah tua renta akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak. "Sesungguhnya Aku akan kembali tahun depan mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara, istrimu, akan mempunyai seorang anak laki-laki."
Manakah yang lebih penting berdoa atau bekerja? Tidaklah terlau penting untuk memilih diantara berdoa dan bekerja tatapi kesadaran bahwa keduanya adalah sesuatu yang tidak terpisahkan bila kita dekat dengan Tuhan.Yang penting kita tidak lepas dari sumber dan pokok kehidupan kita yakni Yesus Sudahkah kita memilih bagian yang terbaik dalam hidup kita?
Amin.


Oleh : Pak Budi, July 19 2007

No comments: