Wednesday, February 06, 2008

Menjadi Pelayan dan Hamba

Ini renungan ada di "TAMPAR" Paroki, ketika saya tugas membuat renungan ......just Sharing....

Yesus adalah “King of The King “ , Anak Manusia yang datang bukan sebagai Raja untuk dilayani melainkan sebagai hamba untuk melayani , untuk memberikan nyawa-Nya dengan misi penebusan umat manusia. Pada hari ini kita semua mengikuti ziarah jalan salib untuk mengenang kisah sengsara dan wafat Yesus di kayu salib. Salib adalah beban yang harus kita panggul sebagai Murid Yesus . Namun apakah kita sudah memaknai dan menghayati jalan salib kehidupan kita? Ataukah kita hanya melaksanakan jalan salib sebagai ritual orang katolik ?
Jalan salib menuju Golgota adalah puncak sengsara dan penderitaan Yesus. Dimahkotai duri, harus memanggul salib yang begitu berat sehingga sampai terjatuh tiga kali, diejek dan diolok-olok, dan diludahi sepanjang perjalanannya, dan akhirnya disalibkan dan wafat dikayu salib. Yesus setia sampai wafat melaksanakan tugas-Nya.
Simon Kirene , berani keluar dari kerumunan orang yang membenci Yesus dan rela memanggul salib untuk meringankan beban Yesus.
Veronica, disaat semua orang hanya terdiam melihat penderitaan Yesus, dia berani keluar dari kerumunan untuk mengusap wajah Yesus yang penuh dengan debu, darah dan keringat.
Maria ibu Yesus, dengan tabah dan setia menanggung kedukaan dan penderitaan Putranya sampai akhir jalan salib Yesus , tidak pernah mengeluh dan lari dari penderitaan itu
Misi kristus adalah misi dan tugas kita semua sebagai murid-Nya. Beban salib-Nya adalah beban salib yang juga harus kita panggul.Dengan memaknai dan menghayati Jalan Salib dan dengan semangat hamba, kita dapat memberikan pelayanan yang sepenuh hati, setia dan bertanggung jawab , berani berkorban untuk orang lain tanpa tanpa memikirkan untung rugi apalagi mengharapkan imbalan. Kiranya kita bangkit dari kemapanan bisa menjadi Simon Kirene, Veronica dan Maria ibu Yesus, memberikan sedikit waktu, tenaga dan pikiran untuk ikut terlibat dan memberikan pelayanan di komunitas, gereja dan dimanapun kita berada untuk melanjutkan misi Kristus.
“ Barang siapa ingin menjadi besar diantara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barang siapa ingin menjadi terkemuka diantara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya “
Amin.

No comments: